Seputar Accu/Aki

Seputar Accu/Aki

Menempatkan Accu/aki :
Vespa keluaran baru, generasi PX keatas, rata-rata sudah dibarengi Accu. Dengan Accu yang sudah terpasang sangat mungkin Vespa generasi terakhir, untuk lampu sein - klakson tak akan menggunakan listrik dari mesin. Karena itu listrik yang dikeluarkan mesin jadi stabil cuma untuk Coil/Busi serta lampu belakang serta lampu depan.
Searah dengan perubahan manfaat kendaraan vespa, yang bukan sekedar untuk kepentingan hari-hari, jadi tuntutan vespa generasi lama mempergunakan Accu juga sebagai penyimpan listrik juga banyak dikenakan. Pertanyaannya (1). Apakah Vespa keluaran lama dapat juga dipasang Accu? Jawabannya sudah pasti pasti dapat. (2), Bagaimana caranya memasangnya, (3). Seberapa besar pemakaian Accu itu untuk mensupport kenyamanan berkendara dengan Vespa.
Hal yang butuh disiapkan saat sebelum menempatkan Accu
1. Accu 12 Volt 10 Ampere (standard PX Ekslusive/Excel) merk apa sajakah, dapat GS, King, Yuasa, NS dan lain-lain. yang beredar di pasar biasanya merk Yuasa serta GS.
2. Regulator empat (4) kaki. Merk regulator ini banyak di market, yang standard vespa merk Ducati. Bila tak merasakan merk itu dapat pula merk lain. Kisaran harga yang beredar di market pada 25. 000 s/d 125. 000. Anjuran yang hendakmembeli, janganlah mempergunakan yang bernilai dibawah Rp 50. 000 (th. 2006/2007) karena umumnya mutunya rendah.
3. Dudukkan Accu + karet pengikatnya
4. Dudukan Saklar accu (telah siap gunakan, tinggal beli di toko)
5. Bila dibutuhkan Elco 4000 micro farad. Elco yang bagus buatan Meksiko.
Sesudah Accu serta regulator ada bagaimanakah memasangkannya (menginstalasi) di Vespa kita.
1. Saat sebelum menempatkan Regulator ada hal yang butuh di perhatikan perihal mengetahui listrik yang dihasilkan dari dapur mesin (Spul). Listrik yang dihasilkan Spul pada vespa generasi satu dengan yang lain biasanya sama, umumnya ada 3-4 kabel, yaitu untuk Lampu depan (warna kuning), Coil/Busi (warna hijau), body/massa (warna hitam) serta satu lagi (merah muda/biru) untuk lampu belakang. Untuk generasi sprint ke bawah untuk lampu depan serta belakang dikombinasi jadi satu.
2. Saat ingin menempatkan Regulator, janganlah lupa mengangkat tangki. ini dibutuhkan supaya kita mengetahui alur listriknya. Diluar itu bakal sedikit mengubah kabel per-listrikan yang ada dibawah tangki serta bakal mengebor untuk tempat dudukan accu.
Sesudah mengetahui listrik serta beberapa warna kabelnya, setelah itu kita menempatkan accu serta regulator, langkah-langkahnya seperti berikut :
1. Buka boks bodi samping kiri
2. Angkat tangki bensin.
3. Sesudah bok kiri dicopot, Bor untuk dudukan accu. Gunakan dudukan itu sesuai sama selera kita, berarti ingin samping kanan atau kiri kunci boks. Janganlah terlampau tengah cocok kunci boks.
4. Bor juga untuk dudukan regulator. Upayakan berdampingan dengan accu. Bila accu samping kanan, jadi regulator samping kiri, atau sebaliknya
5. Gunakan Accu di dudukannya. posisi - accu tempelkan ke bodi vespa. kabel saklar accu gunakan di + nya accu serta hubungkan ke regulator.
6. Gunakan Regulator di yang ada kaki/socketnya menghadap ke bawah.
7. Potong kabel bodi warna kuning dari dari arah spul (di bawah tangki ada sambungan) serta hubungkan ke kaki regulator posisi ke-2 dari kiri. Serta hubungkan setrum dari kaki ke-1 regulator ke kabel bodi sambungan yg tadi dipotong (ke lampu depan)
8. Hubungkan kabel + accu yang sudah menggunakan saklar ke kaki ke-3 regulator
9. Hubungkan kabel dari kaki ke-4 regulator (ujung paling kanan) ke body/massa
Saat ini accu serta Regulator sudah terpasang serta siap digunakan. Janganlah lupa jaringan listrik accu janganlah dikombinasi sama jaringan setrum mesin. Harus terpisah.
Bila kita mau memaksimalkan accu, umpamanya untuk kepentingan tape, TV, lampu hias depan, klakson mobil, dan lain-lain. jadi gunakanlah accu yang ampere-nya semakin besar. contoh yang 20 atau 26 ampere (accu jetski)
Bila pengisian mau lebih maksimal, gunakanlah Elco yang memiliki kemampuan minimum 400 mf 2 buah. Cara pasangnya paralel-kan + serta - Elco. yang - hubungkan ke body/massa serta yang + hubungkan ke + accu (gabung dengan yang keluar dari regulator

menjaga Acuu/aki ;
Accu untuk masa saat ini jadi benda vital untuk kendaraan bermotor, termasuk juga vespa. Accu butuh perawatan karena setiap saat mesin dihidupkan, jadi accu bakal tersisi arus listrik.
Saat arus listrik masuk ke accu, jadi elemen dalam accu bakal bereaksi. Reaksi dari accu inilah yang menyebabkan (1) suhu air accu memanas lantas menguap, (2) kepala accu terutama yang positif (+) bakal ada penggumpalan serta umumnya mengakibatkan karat.
Karenanya kontrol serta isi selalu air accu, sekurang-kurangnya satu bulan sekali. Demikian pula kepala accu mesti kerap dibikin bersih dengan kuas yang sudah dibasahi gunakan air panas.
Bila dirawat teratur accu awet serta selalu dapat dipakai. Serta janganlah dilupakan, bila scooter kita lamaa……. tak digunakan tambah baik accu-ny dilepaskan saja. tuangkan/mengeluarkan air accu lantas taruh dalam keadaan kering serta terbalik. Tujuannya agar lubang accu ada di bawah. Saat akan digunakan, kerjakan pengisian air zuur serta air accu, seperti accu baru.
Perawatan tertulis diatas cuma untuk accu cair, sesaat untuk accu kering tak berlaku. Bagaimanakah untuk perawatan accu kering?
Accu kering tak perlu perawatan kontrol air accu, namun lantaran dia tidakberair jadi bebas perawatan. Cuma saja butuh diingat, accu kering mempunyai musuh, yaitu kepala accu tersiram air (pala + uatamanya). Bila pala + tersiram air umumnya listrik yang dihasilkan tak optimal. Musuh ke-2 accu yaitu terjadinya jalinan pendek pada subu + dengan sumbu -. karenanya umumnya bila kita menggunakan accu kering, seluruhnya kepala accu ditutup susunan plastik.

0 Response to "Seputar Accu/Aki"

Posting Komentar

wdcfawqafwef